Sabtu, 27 April 2013

ITS Sosialisasikan Teknik Laporan Keuangan Internasional

SURABAYA - Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menggelar In House Training, Jumat (4/11/2011). Kegiatan tersebut mensosialisasikan teknik penyusunan laporan keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Menurut salah satu panitia acara, Agus Dwi Purwalastono mengatakan, mewujudkan tata kelola administrasi dan keuangan yang berstandar global menjadi tujuan utama dalam kegiatan yang diikuti oleh sedikitnya sepuluh perguruan tinggi dan Badan Layanan Umum (BLU) ini.

"Kegiatan ini mensosialisasikan bagaimana laporan keuangan yang sesuai dengan IFRS (International Financial Report Standard, red)," jelas Agus, seperti disitat laman ITS, Jumat (4/11/2011).

Lebih jauh Agus menjelaskan, penerapan standar global nantinya akan membuat akuntabilitas, tranparansi dan efektifitas laporan keuangan menjadi lebih baik. "Laporan keuangan yang baik tentunya akan memberi jaminan bahwa pelayanan umumnya juga baik," terang pegawai BAUK ITS itu.

Setiap tahun, lanjutnya, BAUK memang selalu menyelenggarakan kegiatan pelatihan serupa. Agus menturkan, acara yang mengundang Drs Widartoyo Ak MM Msi sebagai pembicara dari IAI ini sengaja dilaksanakan untuk pembekalan dalam penyusunan laporan keuangan dari akhir tahun,

"Nanti selepas kegiatan ini, BAUK juga akan menyelanggarakan sosialisasi kepada setiap unit di ITS," tuturnya.

Selain biro pengelola administrasi keuangan dari perguruang tinggi, turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut antara lain, sejumlah perwakilan dari beberapa departemen pemerintahan, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama dan Kementerian Pertanian.


OPINI : Dari kegiatan In House Training ini sangat bangus karena dapat mensosialisasikan teknik-teknik penyusunan laporan keuangan, semoga dengan kegiatan ini dapat terwujud sistem keuangan yang accountable, transparan dan berstandar.


Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2011/11/04/373/525102/its-sosialisasikan-teknik-laporan-keuangan-internasional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar